Langsung ke konten utama

Implementasi Hologram pada Pendidikan Masa Mendatang







MAKALAH

Diajukan untuk memenuhi tugas Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi

Dosen Pengampu:

Wiwin Hartanto, S.Pd., M.Pd.







Oleh

Hilaliyah Trie Rama Dhanty

NIM (160210301081)





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

JURUSAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS JEMBER

2017



Puji syukur kehadirat Allah swt. karena atas berkenan-Nya makalah ini yang bertemakan “Implementasi Teknologi Hologram pada Pendidikan Masa Mendatang” dapat diselesaikan. Saya juga mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang turut serta dalam pembuatan makalah ini. Tanpa pihak lain, mungkin makalah ini tidak akan selesai tepat pada waktunya.

Dalam makalah ini, mengulas bagaimana implementasi teknologi hologram pada pendidikan masa mendatang. Selain itu, makalah ini juga mengulas sejarah serta penjelasan dari teknologi hologram. Isi tulisan makalah ini juga berisi tentang keunggulan dan kelemahan dari teknologi hologram.

Kami berharap apa yang ditulis dalam makalah ini dapat menambah pengetahuan pembaca terutama tentang bagaimana implementasi teknologi hologram pada pendidikan masa mendatang. Selain itu, kami berharap makalah ini dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pendidikan masa mendatang. Oleh sebab itu, kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat sangat baik bagi para pembaca.

Kami sadar bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih banyak yang harus diperbaiki. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan agar kedepannya bisa lebih baik lagi.





Jember, 02 April 2017



Penulis



Contents









































Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi juga berkembang secara pesat. Kemajuan teknologi menyebabkan manusia menjalani kehidupan dengan mudah. Dengan teknologi tersebut urusan manusia akan menjadi lebih mudah. Saat ini, banyak teknologi yang diproduksi seperti komputer, handphone, tablet, dan lain-lain. Seluruh produksi dari teknologi tersebut sangat membantu manusia dalam menjalankan aktivitas kehidupannya.

Pendidikan merupakan salah satu aktivitas manusia yang sangat menentukan bagi masa depannya. Pendidikan yang baik dapat ditunjang dari beberapa faktor. Adapun beberapa faktor itu ialah guru, siswa, kurikulum serta media yang dapat menunjang jalannya proses pendidikan. Guru merupakan faktor yang sangat berpengaruh bagi berjalannya proses pendidikan. Guru dalam mengajarkan materi kepada siswanya juga membutuhkan media yang sesuai sehingga materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik.

Pada era saat ini, teknologi telah menjelajahi seluruh penjuru dunia dalam segala bidang. Salah satu bidang yang dikuasai teknologi adalah pendidikan. Pada zaman modern saat ini, pendidikan mayoritas menggunakan media berbasis teknologi. Manusia modern hidupnya sangat berketergantungan pada teknologi. Manusia modern menganggap bahwa dengan teknologi seluruh kegiatan hidupnya dapat terlaksana dengan mudah.

Sebagai guru di masa mendatang perlu menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Seperti halnya perpaduan teknologi smartphone. Manusia modern sepanjang waktu tidak dapat lepas dari teknologi satu ini yaitu smartphone. Smartphone dapat membantu proses pembelajaran yang sangat efektif dan nyaman. Pembelajaran dengan menggunakan teknologi hologram juga sangat nyaman untuk diimplentasikan pada pendidikan di masa mendatang. Implementasi teknologi seperti ini akan sangat disenangi bagi peserta pendidikan di masa mendatang. Oleh karena itu, penemuan teknologi tersebut sangat menarik untuk diulas lebih rinci.


1.      Bagaimana penjelasan dan cara kerja hologram?

2.      Bagaimana penerapan hologram pada pendidikan?

3.      Apa keunggulan dan kelemahan dari teknologi hologram?


1.      Untuk mengetahui bagaimana cara kerja hologram.

2.      Untuk mengetahui bagaimana cara menerapkan hologram pada proses pembelajaran.

3.      Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan dari hologram.


1.      Untuk menambah pengetahuan mengenai perkembangan teknologi bagi para pembaca.

2.      Sebagai bahan pembelajaran bagi mahasiswa khususnya jurusan pendidikan.

3.      Sebagai bahan acuan bagi pendidik yang ingin menerapkan teknologi modern dalam pembelajarannya.


BAB II PEMBAHASAN


1.      Penjelasan hologram

Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik itu, kemudian akan membentuk suatu gambar baik itu benda, pemandangan, atau adegan.

Teknologi hologram sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 1940-an oleh seorang fisikawan Hungaria bernama Dennis Gabor. Pada tahun 1971 Dennis mendapatkan nobel fisika karena menemukan dan mengembangkan metode dari teknologi holografi. Dennis menemukan teknologi hologram tidak sengaja dalam penelitiannya dalam perkembangan mikroskop elektron. Oleh karena itu, Dennis memberi nama metode hologram dengan nama electron holography.

Pada tahun 1962 seorang ilmuwan Uni Soviet, Yury Denisyuk menerapkan sistem laser pada hologram yang akan merekam objek secara tiga dimensi. Sinar laser dikenakan pada objek dan diteruskan ke lapisan hologram. Gambaran rekonstruksi ditampilkan pada sisi lain lapisan hologram tersebut.

2.      Cara kerja hologram

Secara umum hologram merupakan sebuah proses penampilan gambar yang terbuat akibat terbuat pola pencampuran sinar ketika dua sinar laser bertumbuk pada satu permukaan holograf. Salah satu sinar tersebut dinamakan Reference Beam yaitu sinar yang tidak memantul pada objek. Sedangkan sinar yang lain disebut Object Beam karena memantul dan mengenai objek. Untuk mengetahui prinsip kerja dari masing-masing hologram, berikut ialah penjelasannya.

a)      Transmission hologram

Transmission hologram merupakan hologram yang pertumbukan Reference Beam dan Objek Beam pada satu permukaan holograf. Pada umumnya transmission hologram memerlukan sinar seragam seperti sinar laser sebagai sumber cahaya dalam pembentukan gambar rekonstruksi dari suatu objek.


gambar 1 1 ilustrasi prinsip kerja transmission hologram

Terlihat pada gambar di atas, sinar laser dibagi menjadi dua. Ini merupakan sebuah kaca yang bersifat setengah cermin dan setengah lensa. Sinar yang dipisah oleh Beam dibagi menjadi dua, yaitu reference beam dan objek beam. Reference beam diarahkan langsung pada permukaan holograf. Sedangkan objek beam diarahkan pada objek kemudian dipantulkan pada permukaan holograf. Percampuran antara reference beam dan objek beam pada gambar akan memunculkan rekonstruksi yang dapat dilihat dari sisi holograf yang tidak terkena sinar.

Pada umumnya transmission hologram memerlukan sinar yang bersifat quasi-monokromatik seperti sinar laser. Akan tetapi, terdapat jenis transmission hologram yang bisa menggunakan sumber cahaya putih atau cahaya sekitar yang disebut Rainbow Hologram. Rainbow Hologram merupakan perkembangan dari transmission hologram yang hanya bisa bekerja jika dikenai sinar laser. Rainbow Hologram dapat bekerja meskipun hanya mendapat cahaya biasa atau cahaya putih.

Gambar rekonstruksi yang tercipta pada rainbow hologram merupakan hasil dari dua proses holografi. Proses pertama mirip seperti pada transmission hologram sebagai objek dan hologram yang terbentuk melalui celah horizontal.


gambar 1 2 susunan optika pada rainbow hologram

Pada gambar di atas, objek disinari oleh lensa kemudian dipantulkan melewati celah horizontal menuju permukaan hologram. Selain itu, lapisan hologram juga dikenai oleh reference beam. Hal ini mirip dengan transmission hologram, perbedaannya hanya pada penggunaan celah sempit horizontal. Adanya celah sempit di depan objek membuat pengamat hanya dapat melihat sebagian kecil dari objek pada suatu sudut pandang. Pengamat dapat mengamati bagian kecil lainnya dari objek jika merubah sudut pandangnya. Jika rainbow hologram ini dikenai cahaya putih secara langsung, maka setiap sinar dengan panjang gelombang berbeda akan menghasilkan gambar rekonstruksi pada sudut berbeda. Sehingga keseluruhan objek dapat dilihat oleh pengamat melalui satu sudut pandang. Jika pengamat mengubah sudut pandangnya, maka akan terjadi pergeseran panjang gelombang sinar yang seolah-olah mengubah warna objek menjadi warna-warna pelangi (penyusun sinar putih). Inilah alasan teknologi holograf disebut rainbow hologram.

b)   Reflection Hologram

Tipe hologram seperti ini mengalami perbedaan dalam menghasilkan gambar rekonstruksi dengan hologram tipe transmission. Pada hologram tipe transmisi, sinar referensi dan sinar objek bertemu pada satu sisi dari permukaan hologram. Sedangkan pada hologram tipe refleksi sinar referensi dan sinar objek bertemu pada sisi yang berlawanan dari permukaan hologram. Gambar rekonstruksi yang dihasilkan akan ditampilkan pada sisi yang bertumbukan dengan sinar referensi.


gambar 1 3 ilustrasi prinsip kerja hologram refleksi

Dari gambar di atas, terlihat bahwa arah sinar referensi dan sinar objek datang dari arah yang berlawanan dan bertemu pada dua sisi hologram yang berbeda. Sinar yang digunakan pada hologram refleksi dapat berupa sinar monokromatik (laser) maupun cahaya putih biasa. Gambar rekonstruksi yang dihasilkan oleh hologram refleksi ialah pantulan dari campuran sinar referensi dan sinar objek pada permukaan hologram. Hologram refleksi juga dapat dibuat multi warna dengan cara laser yang digunakan dalam merekam gambar adalah laser tiga warna seperti merah, hijau, dan biru. Biasanya gambar yang dihasilkan dari hologram refleksi berkualitas atau jauh lebih tajam dari gambar aslinya.




Dalam dunia pendidikan masa mendatang dapat diramalkan banyak yang menggunakan teknologi hologram dalam proses pembelajaran. Dari segala jurusan dapat menggunakan teknologi ini. Berikut beberapa aplikasi hologram pada pendidikan:

v  Sebagai media pembelajaran


gambar 1 4 gambar ilustrasi hologram

Pada zaman modern, seluruh kehidupan manusia tidak lepas dari teknologi. Mereka cenderung menyukai sutu hal yang bersifat instan dan menarik. Dengan adanya teknologi hologram, proses pembelajaran tidak akan membosankan. Sehingga siswa lebih tahan untuk melakukan pembelajaran dalam waktu yang lebih lama.

Teknologi hologram ini dimunculkan melalui teknologi lain seperti lcd, komputer, maupun smartphone. Setiap siswa masing-masing akan mengalami pembelajaran hologram. Mereka dapat menggunakan teknologi mereka masing-masing dengan dibantu sinar untuk menampakkan gambar. Guru akan membimbing jalannya proses pembelajaran tersebut. Guru dapat menggunakan komputer atau lcd yang nantinya dapat memunculkan gambar tersebut.

Pembelajaran seperti ini dapat menimbulkan rasa puas dan menarik terhadap pelajaran tersebut. Siswa akan cenderung aktif dalam proses pembelajaran. Siswa tidak lagi hanya belajar dalam dunia maya melainkan dapat merasakannya karena gambar yang ditampilkan ialah 3D. Siswa seakan-akan dapat beriteraksi langsung dengan objek pembelajaran.

Pembelajaran hologram sangat sesuai bagi segala jurusan. Terutama pada pembelajaran yang berkaitan dengan kerangka manusia maupun hewan, teknologi hologram sangat membantu siswa untuk memahani bagian dari kerangka tersebut. Oleh karena itu, pembelajaran dngan menggunakan teknologi hologram cenderung membuat siswa lebih aktif dan nyaman saat pelajaran berlangsung.

v  Sebagai pengganti guru (subtitute teacher)


gambar 1 5 ilustrasi hologram

Kadang kala guru halangan untuk menghadiri pembelajaran secara langsung. Akan tetapi, guru dan siswa dapat tetap menjalankan proses pembelajaran secara tidak langsung. Misalkan dengan membuka kelas online, disitu guru dapat memberikan ajaran dalam jarak jauh. Dengan adanya teknologi hologram, baik guru maupun siswa dapat merasakan pembelajaran secara langsung seperti biasanya.

v  Sebagai penyaluran bakat siswa

Teknologi hologram juga dapat digunakan sebagai penyalur bakat siswa terutama pada bidang seni. Siswa dapat menggunakan teknologi ini untuk menggali lebih dalam lagi mengenai bakatnya. Selain itu, teknologi ini dapat digunakan sebagai media pertujukan dari bakat siswa.







Keunggulan


Kelemahan




Media yang sangat cepat dan mudah


Biaya mahal




Fleksibel dalam aplikasi


Tatap muka langsung cenderung lebih sedikit




Efisien waktu


Tingkat kriminal seseorang tinggi




Melakukan aktifitas yang lain dalam waktu yang sama


Orang menjadi malas karena dimanjakan teknologi


Tabel 1 kelebihan dan kelemahan




Hologram adalah produk dari teknologi holografi. Hologram terbentuk dari dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Teknologi ini sangat banyak memiliki manfaat bagi kehidupan, contohnya dalam bidang pendidikan.

Dengan menggunakan teknologi hologram, proses pembelajaran akan lebih menyenangkan. Mengingat kehidupan di masa mendatang manusia sangat berketergantungan pada teknologi. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan teknologi hologram tidak akan mempersulit siswa, akan tetapi siswa lebih senang dan nyaman dengan pembelajaran tersebut.

Aplikasi yang ditampilkan dari hologram berupa gambar objek pembelajaran. Siswa akan merasa berada langsung dalam objek tersebut. Tampilan gambar dari hologram sendiri berupa 3D yang seakan-akan memang nyata. Oleh karena itu, siswa akan lebih memahami lebih rinci dari gambar tersebut khususnya materi mengenai kerangka manusia atau hewan.


Bagi pembaca diharapkan untuk meningkatkan serta memahami mengenai penjelasan serta cara kerja dari teknologi hologram. Pembaca juga diharapkan agar memahami betul bagaimana implementasi teknologi hologram pada pendidikan yang akan datang. Selain itu, pembaca juga diharapkan mengetahui keunggulan dan kelemahan dari teknologi hologram tersebut.



Nur Husaini.Ahmad. Prinsip Kerja Hologram. 2015/11/08





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Observasi Sarana dan Prasarana di SMK

LAPORAN HASIL OBSERVASI WAWANCARA PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMK TRUNOJOYO JEMBER Makalah Diajukan guna memenuhi tugas matakuliah Profesi Kependidikan Dosen Pengampu Mukhammad Zulianto, S.Pd., M.Pd. Oleh: Kelompok 3   Fendi Perdana                                    (NIM 160210301066)   Siti Nur Kholifah                              (NIM 160210301079)   Hilaliyah Trie Rama Dhanty             (NIM 160210301081) KEMENTRIAN RISET DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS JEMBER FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN ILM...

Masalah Etis Konsumen

MASALAH ETIS KONSUMEN Diajukan guna memenuhi tugas Matakuliah Etika Bisnis Dosen Pengampu: Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pd.                                                                    Oleh: Fendi Perdana                   (160210301066) Fitri Ayu Sri W                    (160210301070) Hilaliyah Trie R.D.            (160210301081) Syaidatul Faizah              ...